Kamis, 22 November 2018

Mengisi Kegiatan Selepas Lulus Kuliah

Bismillahirrahmanirrahiim.. Alhamdulillahirabbil'alamin..
Allahumasholi'ala muhammad wa'ala alihi washohbihi wasalim..

Semua orang yg kuliah pasti menginginkan lulus dengan lancar dan sukses. Kelulusan haruslah disyukuri karena merupakan pencapaian dan kepuasan dari upaya dan kerja keras saat kuliah yang akhirnya terbayarkan bahkan kelulusan juga merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga. Namun ada baiknya jangan terlena terlalu lama karena kelulusan itu bukanlah akhir perjuangan hidup tapi kelulusan merupakan awal babak tantangan hidup yang baru.

Mudah saja untuk menikmati kelulusan namun sesiap apa Anda menjalani kehidupan setelah lulus kuliah? Tidak semua orang mampu dengan tegas menjawab pertanyaan ini, mau apa setelah lulus kuliah. Hal ini wajar saja karena kita tidak tahu bagaimana masa depan kita. Yang dapat kita lakukan hanyalah menjalani kehidupan ini dengan mengambil kesempatan-kesempatan yang ada.

Setelah lulus kuliah akan ada tantangan hidup yang baru yaitu bekerja nyata dalam masyarakat. Setelah lulus dari perkuliahan akan ada tuntutan pribadi ataupun sosial umumnya adalah mendapatkan matapencaharian/pekerjaan. Namun tidak semua orang akan langsung cepat mendapat pekerjaan yang diinginkan. Ada yang seminggu dapat, sebulan dapat, berbulan-bulan baru dapat bahkan setahun baru dapat. Jangan sampai ada waktu kosong yang terbuang untuk menunggu dapat kerja.

Baiklah berikut ini saya sedikit berbagi sebagai aktualisasi semangat berbagi dari pengalaman pribadi, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan selepas lulus dari kuliah selagi menunggu atau memantapkan diri ingin akan berkarir di mana.

1. Kursus bahasa Inggris
Jaman sekarang soft skill berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam banyak bidang profesional. Untuk mencari kerja atau beasiswa umumnya akan diutamakan yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Paling tidak kita berbekal TOEFL sehingga punya keunggulan untuk daftar kerja atau beasiswa.

2. Magang proyek penelitian dosen
Magang proyek penelitian dosen ini bermanfaat untuk menambah pengalaman atau jam terbang keterampilan kita dalam suatu pekerjaan, selain untuk mengisi waktu yang bermanfaat dan bisa juga dapat uang lelah. Setelah lulus bisa browsing dosen atau peneliti di institusi atau lembaga yang diminati. Katakan kata kuncinya "saya sangat tertarik dengan bidang tersebut, apa yang dapat saya bantu".

3. Kerja magang atau kerja partime
Baru-baru ini beberapa perusahaan BUMN mengadakan program internship atau bisa juga perusahaan lainnya. Segera bergerak untuk mencari perusahaan yang ada program internshipnya karena biasanya ada syarat maksimal lulus kuliah 1-2 tahun. Bisa juga mencari informasi ini dari koneksi dosen yang ada di universitas waktu kuliah dulu.
Kalau ingin tantangan coba aja daftar ojek online. Hehee.. lumayan mengisi waktu yang bermanfaat.

4. Cari beasiswa
Jangan berkecil hati atau pesimis dengan kesempatan beasiswa untuk studi lanjut. Sambil mengisi waktu dengan aktivitas bermanfaat lainnya tetap kejar syarat-syarat untuk beasiswa. Semua orang yang lulus kuliah memiliki kesempatan untuk bisa studi lanjut dengan beasiswa.
Itulah karena kita tidak tahu masa depan kita, siapa tahu ada kesuksesan dapat beasiswa. Kita akan tahu hasilnya jika mencoba, tp tak akan pernah tahu jika belum mencoba.

5. Ikut volunteer atau relawan
Biasanya terbuka kesempatan untuk menjadi relawan misalnya relawan kesehatan bantu2 ikut donor darah, relawan lingkungan, relawan ekspedisi, relawan institusi penyakit kanker, spektrum autis, relawan pendidikan daerah tertinggal dan lain-lain.

6. Wirausaha
Mulailah berwirausaha sejak dini karena itu memunculkan sikap mandiri dan jiwa kepemimpinan secara pribadi ataupun sosial. Kalau belum bisa yang besar maka yang kecil saja sudah cukup. Manfaatkan marketplace onlineshop, karena sekarang sudah memasuki revolusi industri 4.0 di mana akan ada banyak unsur teknologi jaringan dan informasi untuk membantu produksi dan penjualan.

Baiklah, itu semua yang saya tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jangan sampai menyesali waktu yang terbuang karena masih bingung tidak melakukan apa-apa setelah lulus kuliah.

Akhir kata, mohon maaf bila ada salah dan kurangnya.. wallahu'alambishowab..
(Aditya Rahman Ernanto, Novemver 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar