Rabu, 24 Oktober 2018

Tips memilih universitas bagi yg ingin berkarir menjadi dosen

Profesi dosen merupakan bidang pekerjaan yang dapat membuat kita terus berkembang untuk mencapai karir fungsional setinggi-tingginya, mulai dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, sampai menjadi guru besar/profesor.
Profesi dosen mirip seperti pekerja seni di dalam bidangnya. Dia belajar apa yg dia senangi, dia mengajar apa yang dia senangi dan berkarya di bidang yg dia ahli. Dosen dituntut untuk melakukan tridharma perguruan tinggi diantaranya mengajar, penelitian, dan pengabdian. Oleh karena itu untuk memenuhi tuntutan tersebut dimulai dari memilih Univ yang tepat untuk mendukung berkarir. Berikut ini saya berikan sedikit tips2 berdasarkan dari pengalaman pribadi agar tidak salah memilih univ untuk berkarir.

1. Pilih univ yang memiliki prodi sesuai minat/bidang yg ditekuni.
Jadi pertama harus kenali diri dahulu ingin apa, mau kemana, bisa apa, kurangnya apa, lebihnya apa. Agar bs mencapai potensi maksimal dalam berkontribusi dan berkarya. Misalnya Anda jurusan Biologi dengan minat keahlian Zoologi, maka jangan memilih prodi Biologi yg membuka lowongan untuk keahlian Botani. Anda akan sulit diterima, sulit beradaptasi dan sulit berkembang nantinya, sehingga akan terhambat perkembangan karirnya.

2. Cari info kesejahteraan, tunjangan, lihat sarana, fasilitas, gedung.
Biasanya univ yg memperhatikan kesejahteraan karyawannya memiliki sarana dan prasarana yg layak. Lihat kendaraan pejabat kampus, lihat fasilitas kelas dan laboratorium.

3. Lihat yg ada jurusan kedokterannya.
Pada umumnya hanya univ yg memiliki modal investasi besar yg bisa buka prodi kedokteran. Lihat biaya masuk kedokteran seberapa tinggi.

4. Lihat akreditasi Univ dan prodi yg dituju.
Akreditasi menandakan kualitas pelayanan pendidikan selama ini seperti apa. Nilai akreditas tinggi dapat mempengaruhi minat konsumen (masyarakat) untuk mendaftarkan diri ke univ tsb.

5. Lihat jumlah mahasiswa di prodi yg dituju.
Jika mahasiswanya banyak, berarti itu adalah prodi favorit atau unggulan di Univ tsb. Yang secara tidak langsung akan ada uang tambahan bila kelebihan jam mengajar. Cara lihat jumlah mahasiswa dalam prodi bisa melalui forlap dikti.

6. Pilih prodi yg ada pascasarjananya.
Supaya nantinya ketika sdh S3 bisa mengajar jg di situ.

7. Utamakan pilih univ PTN-BH, klo gk bisa pilih univ negeri biasa, klo gk bisa juga baru deh pilih yg swasta.
Meskipun ada jg univ swasta yg kualitas pelayanan pendidikan dan kesejahteraan karyawannya setara bahkan lebih baik dr univ negeri.

Okee, demikianlah sedikit tips untuk memilih univ bagi yg ingin berkarir sbg dosen.. akhir kata semoga dapat mengambil kebaikan-kebaikan yg ada, tiada niatan apapun selain semangat ingin berbagi, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekurangannya..
Huwallahu'alambishowab..

(Aditya Rahman Ernanto, Oktober 2018)

1 komentar: